Pastikan Anda terdata Oleh Pantarlih Pilkades Desa Kumitir

Sesuai Tahapan Pilkades Kumitir, Mulai Tanggal 22 Juli 2019 s/d 16 Agustus 2019 (20 Hari Kerja) adalah waktunya untuk pendaftaran dan pemutahiran pemilih oleh Petugas Pantarlih Panitia Pemilihan Kepala Desa Kumitir, dan Mohon disiapkan dokumen kependudukan sebagai bukti warga Desa Kumitir. Adapun ketentuan sesuai Kutipan Tatib adalah sebagai berikut :

Pendaftaran Pemilih

Pasal 3

  • Pendaftaran pemilih paling lama 20 (Dua Puluh) hari kerja sejak dibukanya pendaftaran mulai Tanggal 22 Juli 2019 sampai dengan 16 Agustus 2019.
  • Pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi syarat:
  1. Penduduk Desa yang pada hari pemungutan suara pemilihan Kepala Desa sudah berumur 17 (Tujuh Belas) tahun dan atau sudah/ pernah menikah ditetapkan sebagai pemilih; ( 23 Oktober 2002 )
  2. Nyata-nyata tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya;
  3. Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap;
  4. Berdomisili di desa sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sebelum disahkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau surat Keterangan Kependudukan; ( 26 Pebruari 2019 )
  5. Seorang pemilih hanya terdaftar 1 (Satu) kali dalam daftar pemilih.
  • Pemilih yang telah terdaftar diberikan tanda bukti pendaftaran oleh panitia.
  • Pemilih yang telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap ternyata tidak lagi memenuhi syarat sebagaimana dimaksud ayat (3), tidak dapat menggunakan hak pilihnya.
  • Daftar pemilih yang digunakan dalam pemilihan Kepala Desa mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Legislatif dan Presiden Desa Kumitir Tahun 2019.
  • Daftar pemilih sebagaimana ayat (4) dimutakhirkan dan divalidasi oleh Panitia Pemilihan sebagai bahan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) per Dusun untuk Pemilihan Kepala  Desa
  • Pemutakhiran dan validasi sebagaimana dimaksud pada ayat (5) dilakukan untuk mengetahui pemilih:
  1. Yang memenuhi syarat usia pemilih, sampai dengan hari dan tanggal 23 Oktober 2019 pada pemungutan suara pemilihan sudah berumur 17 tahun.
  2. Belum berusia 17 tahun, tetapi sudah/pernah menikah;
  3. Telah meninggal dunia;
  4. Yang tercatat ganda;
  5. Pindah domisili ke desa lain; atau
  6. Belum terdaftar.