Monev Komisi Informasi Prov Jatim bersama PPID Kab. Mojokerto

Salah satu amanat Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa adalah desa wajib memiliki sistem informasi desa (SID). SID ini merupakan jendela pembuka cakrawala keberadaan desa kepada dunia. Bahkan ada banyak peluang sekaligus tantangan dalam mengelola SID ini, misalnya bagaimana desa bisa menarik pihak luar untuk bekerjasama memajukan desa.

“Jika seluruh desa telah punya SID dan diintegrasikan dengan website Pemkab, juga secara nasional, maka sangat banyak manfaat dan kemudahan yang bisa dilakukan untuk kemajuan desa. Termasuk perencanaan pembangunan berskala nasional kepada desa, bahkan bisa juga untuk peningkatan ekonomi kerakyatan sebagaimana yang sudah pernah saya kunjungi di wilayah lain ada yang menerapkan produk unggulan desa (gula merah dan sapu lidi) yang dipasarkan di toko online desa sehingga bisa menghasilkan omset ratusan juta rupiah bahkan sampai kualahan menerima pesanan,” kata Mahbub Junaidi, Salah satu Pejabat di Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, pada acara Monitoring dan Evaluasi PPID di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Kamis (8/11). Dalam kesempatan itu, Mahbub Junaidi memberikan tugas kepada Rahmad Hartono beserta tim dari Kominfo Jatim dan Tim dari PPID Kabupaten Mojokerto, untuk memonitor sekaligus memberikan masukan terhadap Beni (Kepala Desa Kumitir) untuk mendukung SID Desa Kumitir agar lebih lengkap dan sesuai dengan prosedur saat ini, yaitu acuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Permendagri Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Standart Pelayanan Minimal Desa.

Lebih lanjut, Perwakilan Kom Info Kabupaten Mojokerto Mari Sudiastuti., SE, Msi menambahkan, Desa Kumitir sebagai pilot project ke-1,  untuk memotori penerapan SID  online di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Kades Kumitir Beni, mengaku senang dengan diterapkan SID di desanya. “Karena SID ini sangat berguna untuk peningkatan kemakmuran rakyat Desa Kumitir,” ujarnya.

Senada dengan kadesnya, Lukman Teguh, operator SID Kumitir mengatakan, SID sesuai dengan visi Desa Kumitir untuk membangun kesejahteraan bersama dan memberi pelayanan terbaik atau pelayanan prima bagi masyarakat desa. SID bukan hanya untuk promosi dan informasi desa, namun juga untuk kemudahan penyelenggaraan pelayanan pemerintahan desa agar lebih mudah, cepat dan efektif. SID juga wadah untuk desa melakukan transparansi, di mana sekarang jamannya transparansi. Misalnya berbagai dokumen pembangunan desa juga dapat ditampilkan dalam SID.

Adapun Landasan Penerapan SID di Desa agar bisa masuk APBdesa bisa mengacu pada Peraturan Menteri di bawah ini :

*Admin :  Lukman Teguh Prasetya