Gerakan Bersih Sungai, Oleh Gubernur Jatim dan Walikota Mojokerto

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari menghadiri acara Gerakan Bersih Sungai yang juga dihadiri Gubernur Jatim dan Wakil Bupati Mojokerto, Minggu (3/10) di Lapangan MKP/Taman Brantas Indah dan Bendungan Rolak Songo, Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan yang digelar sejak pagi ini, turut dihadiri Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakariah beserta istri Nur Chasanah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota dan Kabupaten, Perum Jasa Tirta I, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), relawan dan aktifis lingkungan.

Dalam gerakan bersih sungai ini, Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kota maupun Kabupaten Mojokerto untuk turut serta bertanggung jawab atas lingkungan sekitar. Terutama, dalam hal membuang sampah popok tidak lagi ke sungai. Sebab, pekerjaan rumah (PR) bagi Jawa Timur saat ini adalah bagaimana dapat menanggulangi sampah popok yang kerap kali dibuang ke sungai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal senada juga disampaikan oleh Wali Kota Mojokerto Ning Ita saat menghadiri acara Gerakan Bersih Sungai. Bagaiman dalam hal ini, Pemerintah Kota telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi sampah-sampah yang ada. Mulai dari mendaur ulang sampah sebagai kreasi unik yang bernilai rupiah. Hingga, menjadikan bantaran sungai sebagai wisata bahari yang dapat menarik perhatian wisatawan.

Gerakan Bersih Sungai ini, kemudian ditutup dengan penaburan benih ikan di Sungai Brantas oleh Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi.